Perpustakaan Sasmita

Membaca dapat mengantarkan kita untuk menembus batas waktu dan ruang serta membebaskan diri dari belenggu ketidaktahuan. Dengan membaca kita memiliki bekal wawasan dan dapat mengajak orang di sekeliling untuk bersama mengubah dunia. Itulah yang melatarbelakangi didirikannya Perpustakaan Sasmita. Bertempat di Dusun Plaosan RT 06 RW 18, Tlogoadi, Sleman, di lingkungan pedesaan yang cukup padat penduduk dengan mayoritas memiliki mata pencaharian sebagai petani serta berdekatan dengan sekolah dasar, Perpustakaan Sasmita hadir dan terbuka untuk masyarakat umum.

Perpustakaan Sasmita dikelola secara swadaya dan bermitra. Sebagian besar pengadaan buku dilakukan oleh internal Sasmita. Namun, Sasmita juga terbuka bermitra dengan siapa saja dalam bidang kepustakaan, misalnya dengan Perpustakaan Daerah Sleman, Forum Taman Baca Kabupaten Sleman, SDN Palosan I dan II. Koleksi buku yang tersedia di perpustakaan ini meliputi koleksi filsafat; agama; sosial; bahasa; ilmu murni; ilmu terapan; seni, olah raga dan hiburan; biografi, gegrafi dan sejarah; serta karya umum. Selain itu tersedia juga koleksi majalah anak, perempuan dan umum; tabloid kuliner; tabloid kesehatan; surat kabar, artikel pertanian dan artikel anak. Keseluruhan koleksi yang tersedia di Perpustakaan Sasmita saat ini sudah lebih dari seribu eksemplar.

Layanan diberikan setiap hari Senin sampai Sabtu, jam 08.00 – 17.00 bagi anggota maupun non anggota. Hingga saat ini, sudah lebih dari seratus orang terdaftar sebagai anggota Perpustakaan Sasmita dengan persyaratan yang sangat mudah. Layanan yang diberikan oleh Perpustakaan Sasmita adalah layanan baca, peminjaman, akses internet, rotasi buku untuk taman baca yang baru merintis, layanan pengelolaan taman baca, fasilitasi bagi Pustakawan Cilik (Kancil), pemutaran film anak-anak tiap bulan dan kegiatan berkala bagi masyarakat, bagii anak-anak, pemuda dan dewasa.

Perpustakaan Sasmita ini didedikasikan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat sejak dini. Pengunjung diberikan kebebasan yang bertanggung jawab untuk membaca, diskusi, ataupun sekedar bermain dengan tetap saling menghargai. Ini dimaksudkan agar semua pengunjung perpustakaan merasa nyaman saat berada di lingkungan Sasmita-Grahatma.