Beras Hitam

8 May

Beras hitam memiliki nutrisi paling tinggi dari semua beras. Warna hitamnya menunjukkan beras ini memiliki pigmen yang tinggi, mengandung aleuron dan endospermia yang dapat menghasilkan antosianin yang bermanfaat bagi zat antikarsinogenik. Pigmen ini juga mengandung flavonoid yang dapat mencegah pengerasan pembuluh nadi dan kandungannya lima kali lebih tinggi dibndingkan flavonoid yang terdapat dalam beras putih.

Manfaat beras hitam bagi kesehatan

  • Sebagai antiaging alami yang mencegah penuaan dini
  • Meningkatkan trombosit darah
  • Sebagai antioksidan
  • Mencegah kanker dan tumor
  • Memperbaiki kerusakan sel hati dalam kasus hepatitis dan sirosis
  • Meningkatkan ketahanan tubuh
  • Membantu meningkatkan fungsi ginjal

Tips memasak

  • Cuci beras hingga bersih, lalu rendamlah beras hitam sekitar 30 menit agar lebih empuk.
  • Beras hitam dimasak dengan air mendidih (dengan takaran yang lebih banyak dibandingkan saat memasak beras putih) hingga menjadi nasi setengah matang.
  • Masukkan air bekas rendaman beras di dalam dandang,hingga mendidih, nasi setengah matang tersebut dikukus dalam dandang hingga matang.
  • Bila Anda menggunakan rice cooker, gunakan air rendaman beras tadi untuk memasaknya

 

beras-hitam